Selasa, 24 Mei 2011

Tentang Maninfesto Hacker Oleh The Mentor,1986

Orang" yang mengaku diri mereka sebagai Hacker tahu betul mengenai jargon yang sampai saat ini dianggap mainfesto seorang hacker. Ndak di luar negeri, ndak di sini.. yo podo ae.. 11-12.

Kalo mo tahu lebih lengkap mengenai jargon yang ditulis pada tanggal 8 Januari 1986 silahkan cek di sini.


Kadang.. yang jadi bahan pertanyaan gw,
Banyak orang yang mendewakan The Mentor alias Loyd Blankenship tapi mereka sendiri tidak pernah tahu siapa doi sebenernya. Merujuk dari Wikipedia, Blankenship yang lahir pada tahun 1965 merupakan anggota group hacker  Extasyy Elite and Legion of Doom. Untuk selengkapnya bisa Anda lihat di sini


Singkat Cerita, 

Tulisan The Mentor memang dianggap mencerminkan semangat berikut kegeraman yang mewakili aspirasi kaum undergound di dunia maya yang keberadaannya sering dikecam oleh orang" di dunia nyata.. terutama oleh orang" yang menganggap kegiatan hacking bisa membahayakan dan merugikan mereka.


Aroma pemberontakan tentunya sangat kental dalam mainfesto ini.. ditambah dengan bumbu" romantisme yang berakar dari cara pikir kaum muda yang mengusung kebebasan serta rasa ingin tahu mereka yang tinggi terhadap segala hal.


Haik.. haik.. haik.. sah-sah saja kalo kaum underground di dunia maya mengusung 'ideologi' ini.


Tapi ingat, sedalam apapun kita bermain dalam komunitas underground dunia maya, kenyataannya kita juga merupakan bagian dari masyarakat dunia nyata. Kita butuh bersosialiasi dengan sekitar kita..


Sebebas apapun ideologi yang kita anut dalam dunia maya, tentunya yang kita harapkan, kebebasan tersebut menjadi sebuah bentuk kebebasan yang bertanggung jawab. Kebebasan yang dapat menjadi sarana kita dalam berekpresi dan menyalurkan kreativitas tanpa merugikan orang lain.


dan.. bagi Anda yang menganggap bahwa dunia hacking selalu berkaitan dengan hal" yang berbau kriminal, ada baiknya Anda mengkaji kembali makna dari Hacking itu sendiri. Hacking is not a Crime !!


Ndak ada yang salah dengan dunia hacking.. dunia yang penuh dengan keajaiban.. dunia dimana orang" hebat berkumpul dan saling menyalurkan bakat serta kreativitas mereka. Dimana mereka saling berbagi ilmu pengetahuan dan infomasi secara gratis.


yang salah adalah sikon dimana kita sering melihat seseorang mengaku bahwa diri mereka adalah hacker tapi kegiatan mereka berkutat di seputar cybercrime dengan tindakan" yang menjurus ke arah cracking.

1 komentar so far

Onani is Not a Crime :)) <=== tulisan di baju gw


EmoticonEmoticon