Minggu, 30 Oktober 2011

Trik Mudah Mengganti Favicon Joomla!


Beberapa waktu lalu, saya sedikit mengalami kesulitan dalam mengganti favicon pada Joomla!, alasannya.. selain harus masuk ke cpanel, saya harus mengkonfirmasi terlebih dahulu kepada pihak hosting agar settingan permission nya bisa dirubah.. -_-"

Memang, faktor keamanan menjadi pertimbangan dari pihak hostingan yang saya sewa.. oleh karena itu, mau saya mencari cara alternatif yang bisa memudahkan kita dalam mengganti favicon pada Joomla! Setelah Googling sebentar, akhirnya saya menemukan satu komponen Joomla! (Joomla! Component) yang bisa menjadi solusi paling mudah. Yap.. nama komponen tersebut adalah Phoca Favicon.


Tutorial Penggunaan :
1. Download Phoca Favicon di sini  

2. Login ke Back End, kemudian instal komponennya.

3. Anda hanya perlu menyiapkan gambar yang nantinya akan dijadikan favicon, tentunya dengan ekstensi .ico ( ukuran 16x16 ato 32x32)

4. Upload favicon yang telah disiapkan pada Back End joomla > Site > Media Manager. Seperti gambar di bawah ini.


5. Masuk ke Component > Phoca Favicon > Create Favicon


6. Pilih Select Template untuk memilih nama template yang akan dipasangi favicon. 
7. Pilih Original Image untuk menampilkan favicon.
8 Selesai.kemudian SAVE.

# Selamat Mencoba :D<

2 komentar

nihil
JFolder::create: Path not in open_basedir paths
Unable to create destination

kalo gitu pakek cara lama,,, timpa .ico default joomla di folder template dengan file .ico yang telah disiapkan :))


EmoticonEmoticon