Rabu, 09 November 2011

Addons Firefox Pencegah Pencurian Akun


Tidak salah jika Mitnick pernah mengatakan bahwa manusia merupakan rantai keamanan paling lemah. Contoh kecilnya saja masih banyak akun" facebook yang terkena 'phising' karena keteledoran dari si pemilik akun itu sendiri. 

Pelaku SoCenk paham betul bagaimana cara memanfaatkan salah satu sifat manusia yang disebut 'Rasa Penasaran', tak heran jika mereka memadukan teknik spam fb yang disertai link 'jebakan betmen' via chat fb yang bertujuan menggiring rasa penasaran sang pemilik akun untuk meng-klik dan masuk ke dalam jebakan yang telah disediakan (fake login).

Secara kasat mata, teknik ini terlihat seperti teknik kacangan. Tapi jika Anda tahu berapa ribu akun yang telah terambil alih melalui teknik 'Phising', kira" apa yang ada di benak Anda? 

Mari kita akhiri basa basi ini dan melanjutkan pembahasan pencegahan yang sekiranya bisa dilakukan untuk meminimalisir pencurian akun facebook Anda.

Langkah awal yang sebaiknya Anda lakukan :
1. Memasang antivirus yang memiliki fitur 'Internet Security' (jangan lupa diupdate terus database AV nya)
2. Menghapus aplikasi facebook yang tidak perlu (Privacy setting -> Apps and Website -> Edit your setting)
3. Jangan pernah meng-klik link yang dikirimkan oleh teman sebelum Anda melakukan konfirmasi terlebih dahulu mengenai link yang teman Anda berikan. Jika teman Anda mengaku tidak pernah merasa membagikan suatu link via chat fb, bisa dipastikan bahwa link tersebut merupakan spam fb.
4. Jangan menggunakan password yang sama antara akun email dan akun facebook.
5. Secara rutin ganti password facebook Anda jika diperlukan.

Alternatif lain yang bisa Anda gunakan adalah memasang addons Facebook Phising Protector pada browser Mozilla Firefox.

Langkah-langkah tersebut bisa menjadi panduan awal bagi Anda yang ingin lebih meningkatkan pengamanan akun-akun penting dari kejahatan pencurian akun yang dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. (Saya terlalu malas untuk menyebut para pencuri akun sebagai hacker) :)


EmoticonEmoticon